Bimbingan karir di SLTP merupakan proses bantuan yang dberikan oleh konselor sekolah kepada siswa dalam rangka pemberian informasi karir dan pekerjaan sehingga muncul kesadaran pada diri siswa untuk memilih pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan yang dimiliki.
Karakteristik siswa di SLTP, adalah:
1. Siswa berusia antara 12/13 - 15/16 tahun.
2. Tugas-tugas pokok perkembangan yang harus dicapai anak , yaitu:
a. mengenal kemampuan,
bakat, minat, serta arah kecenderungan karir.
b. mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan untuk pendidikan lanjutan.
c. mengenal gambaran dan
mengembangkan sikap pribadi yang mandiri.
d. mengarahkan diri pada
peranan sosial sebagai pria atau sebagai wanita.
3. Perkembangan kemampuan berpikir anak sudah pada tahap operasional
formal, dimana anak sudah mulai berpikir secara abstrak, namun masih perlu
bantuan dengan contoh-contoh konkrit dalam kehidupan sehari-hari.
4. Konsep belajar sudah mulai berkembang pada tahap pemahaman, dimana
setiap informasi/konsep atau peristiwa belajar dapat dicerna oleh aspek
kognitifnya sehingga mereka memperoleh pemahaman diri yang lebih baik.
5. Berada pada tahap perkembangan remaja, sedang mengalami masa pubertas
dan mencari identitas diri.
Tujuan umum bimbingan
karir di SMP/SLTP adalah memberikan kesempatan pada siswa untuk melibatkan diri
secara aktif dalam suatu proses yang dapat mengungkapkan berbagai macam karir.
Melalui proses tersebut diharapkan siswa menyadari dirinya, kemampuannya, dan
hubungan antara keduanya dengan berbagai karir dalam masyarakat. Tujuan khusus
bimbingan karir di SMP adalah:
1. Memahami lebih tepat tentang keadaan dan kemampuan diri para siswa.
2. Membina kesadaran terhadap nilai-nilai yang ada pada diri pribadi siswa.
3. Mengenal berbagai jenis sekolah lanjutan tingkat menegah atas (SMA/MA).
4. Mengenal berbagai jenis pekerjaan.
5. Memberi penghargaan yang obyektif dan sehat terhadap dunia kerja.
Fungsi bimbingan karir di SMP adalah:
1.
Memberikan arahan kepada
siswa agar mempunyai wawasan awal yang objektif tentang pendidikan lanjutan dan
lapangan pekerjaan
2.
Memberikan bekal tambahan
dalam melalui masa peralihan yang sistematis dari status siswa menjadi anggota
masyarakat yang produktif.
3.
Memberikan kesempatan
untuk mengenal serta membina sikap, minat, dan nilai terhadap dunia kerja.
Ada lima materi pokok bimbingan karir di SMP/SLTP, yaitu:
1.
Pengenalan konsep diri
berkenaan dengan bakat dan kecenderungan pilihan karir/jabatan serta arah
pengembangan karir.
2.
Pengenalan bimbingan karir
khususnya berkenaan dengan pilihan pekerjaan.
3.
Orientasi dan informasi
jabatan dan usaha untuk memperoleh penghasilan.
4.
Pengenalan berbagai jenis
lapangan pekerjaan yang dapat dimasuki tamatan SMP.
5.
Orientasi dan informasi
pendidikan menengah sesuai dengan cita-cita melanjutkan pendidikan dan
pengembangan karir.
Bimbingan karir di SMP
merupakan kelanjutan dari bimbingan karir di SD, melalui guru pembimbing siswa
mendapatkan berbagai informasi tentang karir sehingga dapat membina sikap dan
apresiasinya terhadap jenis pendidikan, jenis pekerjaan, dan menelusuri
hubungan antara kerja dan waktu luang, memperluas minat kerja, serta memberikan
berbagai informasi tentang pekerjaan sehingga memunculkan kesadaran siswa untuk
menentukan pilihan pekerjaannya dimasa datang sesuai dengan bakat dan minat
yang dimilikinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar