RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
(RPL)
BIMBINGAN KLASIKAL
SEMESTER
GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Siak 01 Juli
2020
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP Islamic Center Siak Guru
BK
Abdullah Azis,
M.Pd Muhammad
Alkausar, S.Pd.I
1.
URAIAN MATERI
MENJADI
MANUSIA YANG DICINTAI
TUHAN YME
Manusia Mengenal Tuhan
Setiap
langkah dan denyut nadi manusia, hakikatnya Tuhan telah hadir dalam dirinya.
Kehadiran Tuhan dalam dirinya butuh kesadaran dan keikhlasan untuk berdialog
dengan-Nya dengan bahasa-bahasa-Nya. Maka untuk mengenal Tuhan itu banyak cara.
Tidak hanya mengenal potensi yang ada dalam dirinya namun merenungkan segala
ciptaan-Nya adalah salah satu cara mengenal Tuhan. Itulah bukti bahwa Tuhan itu ada, maka
daripada itu sebagai manusia yang penuh dengan kelemahan,manusia patut
menyembah Tuhan Yang Esa. Yang menciptakan langit dan bumi, jangan pernah
beranggapan bahwa dunia ini ada untuk selamanya, keadaan sengsara dan bahagia
hanyalah bersifat temporer. Ingat semua berakhir dengan kematian dan kematian
itu mutlak dan rahasia Tuhan Yang Maha Esa. Jangan pernah berpikir dunia ini
tidak ada yang mengawasi, karena kita semua tidak luput dari pengawasan yang
Maha Kuasa. Sehingga upaya manusia untuk menuju Tuhan Yang Maha Esa harus
konsisten dan jangan parsial. Dan harus sesuai dengan keikhlasan hati
Ibadah
tidak hanya terfokus pada ibadah dalam masjid, gereja dan sebagainya, tetapi
ibadah dapat mencakup keseluruhan aktifitas hidup kita. Ibadah dapat kita
lakukan dengan hati, dengan lisan dan dengan amal perbuatan sehari-hari. Ada
pepatah mengatakan tak kenal tak sayang, tak sayang tak cinta. Pertanyaannya
sekarang sudahkah kita dicintai Tuhan? Bagaimana kita akan berharap dicintai
Tuhan, sedangkan kita sendiri tidak berusaha mengenalnya! Padahal jelas Tuhan
itu Maha Pengasih dan Penyayang!
Ada beberapa ikhtiar yang bisa kita lakukan
agar kita dapat mengenal lebih dekat
dengan Tuhan kita dan dicintai-Nya, yaitu :
1.
Berusahalah
merenung dan berdzikir, bahwa kita ini adalah makhluk yang selalu membutuhkan
pertolongan-Nya, kita adalah ciptaan Tuhan yang selalu merasakan Tuhan hadir
diantara kita.
2.
Selalu
menjalankan perintah-Nya dan menjauhi apa yang dilarang-Nya, sehingga dapat
menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa.
3.
Bersyukurlah atas
semua karunia nikmat yang diberikan-Nya. Kita diberi kesehatan, kekuatan, dll.
Mari kita gunakan untuk beribadah kepada-Nya. Kita harus selalu bersyukur baik
dikala susah maupun dikala senang
4.
Perkaya diri kita
dengan ilmu pengetahuan, yaitu dengan sungguh dalam belajar.
5. Kalau ilmu pengetahuan sudah kita dapat, marilah kita gunakan
untuk mengkaji kitab-kitabnya. Agar ibadah kita lebih mantab dan bermakna kalau
kita landasi dengan ilmu pengetahuan yang luas.
6. Berusaha mengenal tanda-tanda kebesaran Allah atau ciptaan tuhan,
diantaranya :
a.
Penciptaan Langit
Langit merupakan
ciptaan Allah yang sangat indah. Setiap manusia yang suka memperhatikan langit, baik di malam hari maupun
siang hari, pasti akan merasakan ketakjuban luar biasa. Tidak hanya sebatas
itu, manusia pun sudah menembus angkasa untuk mengekplorasi bulan dan planet
lainnya.
b.
Penciptaan Bumi
Bumi dan segala
keindahannya ini sangat kaya dengan ayat-ayat Allah yang begitu luar biasa.
Bahkan, hingga saat ini,manusia belum mampu mengungkap semua tabir misteri di
bumi.Lautan, gunung-gunung, samudera yang terbentang luas, gurun pasir, dan
yang lainnya sangatlah berkesinambungan serta penuh hikmah dalam penciptaannya.
Semua ini dicipatakan Allah untuk manusia dan tidak sepantasnya kita ingkar kepada-Nya.
c.
Lautan
Coba kita renungkan
bagaimana Allah telah menundukkan lautan untuk manusia dengan kapal? Dapatkah
kita bayangkan bagaimana kapal-kapal mampu berlayar mengarungi lautan luas ? Ilmu
pengetahuan mengungkapkan bahwa hal ini terjadi karena adanya perbedaan jenis
air laut dan kapal serta terciptanya ruang udara yang membuat kapal bisa mengapung.
Walaupun begitu, ilmu pengetahuan hanya mengungkap tetapi tidak menciptakan.
Hal ini semakin mempertegas kekuasaan Allah dan kebesarannya.
d.
Hubungan Angin dengan Air
Hujan
Air hujan yang
diturunkan ke bumi oleh Allah adalah nikmat yang tidak terhingga. Walaupun
manusia sudah mampu membuat hujan buatan, hujan alami ciptaan-Nya tetap tidak dapat
tergantikan. Coba kita bayangkan jika suatu tempat tidak diguyur hujan dalam
jangka waktu lama. Daerah itu pasti akan kering kerontang. Saat tempat ini diguyur
hujan, maka tumbuhlah berbagai jenis tumbuhan.
e.
Awan
Awan merupakan
fenomena unik dari sebuah proses terjadi dan turunnya hujan. Awan diciptakan
untuk melindungi manusia dari terik sinar matahari. Selain itu, awan akan
menjadi dominan saat berlangsung musim hujan. Adanya sirkulasi musim dan cuaca
ini, membuat keseimbangan cuaca bumi akan terjaga.
Tips Agar Dicintai Allah SWT (Dalam Ajaran
Agama Islam)
1. Membaca Al-Qur’an dan Mengamalkannya
2. Mendekatkan Diri kepada Allah dengan Amalan-amalan Sunnah
3. Mengingat Allah di dalam Hati, Lisan, dan Tindakan Sehari-hari
4. Cinta kepada Allah membawa Cinta Kepada Seluruh Makhluk-Nya
5. Merenungkan Nama-nama dan Sifat-sifat Allah
6. Menyadari Kebaikan Allah dan Segala Kenikmatan dari-Nya
7. Menyerahkan Diri Sepenuhnya Hanya kepada Allah
8. Bermunajat kepada Allah di Tengah Malam
9. Bersahabat dengan Para Pecinta Allah
10. Menjauhi Segala Hal yang Dapat Melalaikan Hati
11. Perbanyak Zakat,
Infaq dan Sedekah
2.
KEGIATAN (ACTIVITY) PESERTA DIDIK
Kegiatan 1.
a. Diskusikan
dengan teman Anda dalam satu bangku. Buat suatu daftar kegiatan
sebanyak-banyaknya tentang kegiatan atau aktivitas apa saja yang harus
dilakukan agar DICINTAI oleh TUHAN YME.
b. Guru BK menunjuk peserta didik secara acak
untuk menyampaikan hasil tugas yang sudah dikerjakannya. Apa poin belajar dari
kegiatan tersebut.
Kegiatan 2.
a. Diskusikan dengan
teman Anda dalam satu bangku. Anda
mencari dan membawa sebuah gambar tumbuhan, sayuran atau hewan, kemudian
jelaskan setiap karakter yang
dimiliki makhluk tersebut, misalnya cara memproduksi atau tumbuh besar, cara mendapatkan makan minum, manfaat
tumbuhan, sayuran atau hewan tersebut bagi kehidupan manusia atau makhluk lain.
b. Kemudian
presentasikan hasil kerjanya di depan kelas dan buat suatu kesimpulan terhadap
hasil karya tersebut. Apa saja poin
belajar dari tugas tersebut.
3.
Instrumen Penilian
INSTRUMEN
PENILAIAN HASIL
A.
PENGETAHUAN (UNDERSTANDING)
1. Tulislah kebiasaan-kebiasaan positif dan kekurangan kamu ketika
akan melakukan ibadah!
2. Kepada siapa kamu bersyukur diterima di sekolah ini ?
3. Adakah campur tangan Tuhan dalam penerimaan ini ?
4. Coba ceritakan campur tangan Tuhan pada dirimu!
5. Dalam hal apa saja kamu bersyukur pada Tuhan?
B.
SIKAP/PERASAAN POSITIF (COMFORTABLE)
Berilah tanda cek (V) pada kolom S (setuju) jika
pernyataan sesuai dengan kondisi Anda dan berilah tanda cek (V) pada kolom TS
(tidak setuju) jika pernyataan tidak sesuai dengan kondisi Anda!
NO
|
PERNYATAAN
|
SETUJU
|
TIDAK
SETUJU
|
1.
|
Saya merasa senang menerima materi
layanan BK tentang Menjadi Manusia yang Dicintai Tuhan
|
|
|
2.
|
Setelah menerima materi layanan BK
tentang Menjadi Manusia yang Dicintai Tuhan, timbul kesadaran saya untuk melibatkan
Tuhan dalam kehidupan
|
|
|
4.
|
Setelah menerima materi layanan BK
tentang Menjadi Manusia yang Dicintai Tuhan, saya menyadari bahwa saya sering
lupa melibatkan Tuhan dalam kehidupan
|
|
|
5.
|
Materi layanan BK tentang Menjadi Manusia yang Dicintai Tuhan,
menyadarkan saya akan pentinya melibatkan Tuhan dalam kehiduapn
|
|
|
C.
KETRAMPILAN (ACTION)
Setelah menerima materi layanan BK tentang Menjadi Manusia
yang Dicintai Tuhan, melakukan kegiatan dengan :
Tujuan : Mengenal kebesaran tuhan melalui ciptaan-Nya
Alat :
Gambar dari suatu tumbuhan, sayuran, atau hewan yang sangat kecil, cotohnya ;
lombok warna-warni, nyamuk, semut, ganggang, rumput, dll
Deskripsi Kegiatan : (dalam buku matari)
INSTRUMEN
PENILAIAN PROSES
(Mengacu Pada Laporan Pelaksanaan)
NO
|
PROSES
YANG DINILAI
|
HASIL
PENGAMATAN
|
KET
|
|
YA
|
TIDAK
|
|||
A
|
Keterlaksanaan program
|
|
|
|
|
1. Program layanan terlaksana sesuai dengan
RPL
|
|
|
|
|
2. Waktu pelaksanaan sesuai dengan RPL
|
|
|
|
|
3. Metode yang digunakan variatif dan
menarik
|
|
|
|
|
4. Menggunakan media layanan BK
|
|
|
|
|
5. RPL minimal terdiri dari Tujuan,
Materi Layanan, Kegiatan, Sumber, Bahan dan Alat, Penilaian
|
|
|
|
B
|
Perolehan Siswa Pasca Layanan
|
|
|
|
|
1. Peserta didik memperoleh pemahaman
baru
|
|
|
|
|
2. Peserta didik mempunyai perasaan
positif
|
|
|
|
|
3. Peserta didik berkurang masalahnya
|
|
|
|
|
4. Peserta didik terentaskan
masalahannya
|
|
|
|
|
5. Berkembangnya PTSDL
|
|
|
|
C
|
Perhatian Peserta Didik
|
|
|
|
|
1. Peserta didik antusias mengikuti
materi layanan BK
|
|
|
|
|
2. Peserta didik aktif bertanya
|
|
|
|
|
3. Peserta didik aktif menjawab
|
|
|
|
|
4. Peserta didik mengerjakan tugas yang
diberikan konselor
|
|
|
|
|
5. Peserta didik hadir semua
|
|
|
|
D
|
Kesesuaiaan Program
|
|
|
|
|
1. Program disusun sesuai dengan
kebutuhan peserta didik
|
|
|
|
|
2. Materi layanan sesuaikebutuhan
peserta didik
|
|
|
|
|
3. Materi layanan sesuai tugas perkembangan peserta didik
|
|
|
|
|
4. Materi layanan mengacu pada sumber
yang jelas
|
|
|
|
|
5. Program dilaksanakan sesuai waktu
yang telah ditentukan
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar