Self Reguated Learning dapat diartikan sebagai dorongan bagi individu untuk mengelola pembelajaran sendiri,bagaimana ia dapat memenejemen waktu dirumah,mengatasi hambatan belajar daringnya dan menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Namun tdk semua siswa memiliki Self Regulated Learning yang baik.Beberapa diantanya mengalami kebosanan tinggal dirumah,disinilah peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam membantu ,mengatasi permasalahan-permasalahan siswa selama pembelajaran daring.
Adapun peran Guru Bimbingan dan konseling (BK) di masa pandemi covid-19 Antara lain yaitu:
1. Mengedukasikan siswa dengan layanan informasi
Guru bimbingan dan konseling harus mempu mengkradikasi dan mendesain.
2. Membantu membuat panduan regulasi diri
Menurut bandara regulasi diri merupakan kemampuan individu untuk mempertahankan komitmennya terhadap suatu tujuan selama priode waktu tertentu khususnya pada saat tidak ada insentif yang berasala dari luar dirinya.kemudian evaluasi apa yang dikerjakan dengan harahap yang di inginkan dan beri penelitian terhadap hasilnya.
3. Layanan konseling online
Suatau bimbingan atau penyulihan yang diberikan guru BK untuk membantu kondisi siswa yang sedang mengalami masalah tertentu,layanan yang mutlak di lakukan oleh guru Bimbingan dan konseling ketika ada yang membutuhkan bantuan untuk menemukan jalan keluar masalah.
4. Mengembangakan life skill dimasa krisis
Sebagai konselor cukup peka memberikan langkah kurator dan konkrit dan menyiapkan siswa secara preventif agar mampu mengantisifasi krisis lainnya.
5. Motivasi memilikki mental hygine
Sehat mental memahami batas psikologis siswa saat krisis seperti ini tanggung jawab tugas seorang guru BK secara fisik memang tdk berkumpul bersama disekolah ,Namun perlu memberikan motivasi selama merekan di rumah.sehat mental penting bagi siswa agar terhindar dari cemas yang berlebihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar